Jakarta, dMagek.ID,--Salah satu cara efektif untuk menekan angka penularan adalah dengan melakukan screening massal serentak. Jika tidak bisa semua wilayah, cukup di zona merah,screening massal serentak akan mendukung keberhasilan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah di Indonesia, nantinya antara yang positif dan negatif dapat dipisahkan.

Hal itu tertulis dalam surat Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo terkait dengan solusi percepatan penanganan penularan virus corona (Covid-19).

Baca juga : pak-gubernur-tenaga-medis-butuh-ventilator-dan-pcr.html

"Pisahkan yang positif. Dari yang positif ini ada yang simptomatik atau bergejala dan ada 90 persen yang asimptomatik atau tidak bergejala. Setelah jelas terpilah, maka bisa dilakukan PSBB dengan aman," tulis Siti dalam surat tersebut.

Melansir laman CNNIndonesia.com, Pemerintah Indonesia sedang berupaya memproduksi reagen PCR. Saat ini masih dalam tahap pengujian. Selama ini, Indonesia masih mengimpor reagen PCR, salah satunya dari Korea Selatan. Reagen adalah cairan yang digunakan untuk mengetahui reaksi kimia, dalam hal ini untuk mendeteksi infeksi covid-19.

Baca juga : /sampai-minggu-262-pukul-1200-wib-total.html

Mantan Menteri jaman pemerintahan presiden Susilo bambang Yudoyono itu mengungkapkan sebaiknya primer atau reagen pada Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mendeteksi virus sebaiknya menggunakan primer atau reagen yang dibuat sendiri dan berasal dari virus corona strain Indonesia, bertujuan agar deteksi virus lebih valid.

"Sebaiknya rapid test yang digunakan adalah yang molecular base," tuturnya.

Siti juga menyoroti pemenuhan dasar warga dalam menjalani masa PSBB. Menurut dia, masih terdapat warga di tingkat bawah yang belum mendapatkan bantuan sosial. Dia meminta Pemerintah melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kebijakan bantuan sosial di daerah-daerah yang memberlakukan PSBB.Terkait dengan screening massal serentak ini, Siti berujar bahwa yang dibutuhkan adalah rapid test yang sensitif, dengan false negative rendah.

Baca juga : /mulai-hari-ini-senin-27420-gubernur.html

"Demikian juga dengan rumah-rumah karantina buat ODP dan PDP yang seharusnya sudah ada ditingkatan desa dan kelurahan," lanjutnya.

"Pak Jokowi yang baik, pada bapaklah kami semua rakyat Indonesia menggantungkan keselamatan masa depan bangsa dan negara ini. Semoga kita bisa secepatnya menang dari wabah Corona," kata Siti.***red




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama